Yayasan An naba' Center

Get Adobe Flash player

PONPES DARUSSALAM ANNUR STUDI BANDING KE ANNABA CENTER

Rabu, 8 Juni 2016, Pesantren Yatim dan Dhuafa Darussalam Annur lakukan studi banding ke Pesantren Pembinaan Muallaf Yayasan Annaba Center Indonesia. Pesantren Pimpinan ustadz Sudirman tersebut melakukan studi banding dalam rangka program kegiatan ramadhan. Menurut beliau, Annaba Center dipilih karena pesantren tersebut adalah pesantren yang khusus membina para muallaf. Para santri Darussalam Annur perlu mentauladani santri Annaba Center yang mana meskipun mereka muallaf yang baru memeluk Islam, namun semangat belajar agama yang dimilikinya sangat tinggi. “Adik-adik dari pesantren Darussalam Annur harus benyak belajar dari kakak-kakak yang ada di Annaba ini. Kakak-kakak dari Annaba meski baru memeluk Islam, tapi semangat belajarnya sangat tinggi. Buktinya mereka bisa membaca Al-Quran dalam waktu satu bulan. Jadi, adik-adik harus lebih semangat lagi seperti kakak-kakak Annaba dalam tolabul ‘ilmu.” Ungkap ustadz Sudirman yang memberikan arahan kepada para santrinya.

 

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh pimpinan pesantren, KH. Syamsul Arifin Nababan. Kiai Nababan menjelaskan secara singkat tentang latar belakang berdirinya pesantren Annaba. Beliau juga menjelaskan tentang sistem pendidikan yang ada di pesantren tersebut. “Di sini para santri kami wajibkan untuk belajar Aqidah, Al-quran dan Fiqh. Mereka juga kami bebankan untuk bisa membaca Al-Quran dalam waktu satu bulan. Mungkin bapak/ibu bertanya mengapa kami menargetkan mereka bisa membaca Al-Quran dalam waktu satu bulan? Ini kami lakukan karena pasca mereka berislam dan masuk ke pesantren Annaba, seluruh biaya kehidupan mereka ditanggu oleh pesantren, sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Dan resikonya apabila dalam satu bulan di pesantren belum bisa membaca Al-quran, maka mereka kami keluarkan dari pesantren sebab dianggap tidak serius dan bersungguh-sungguh dalam menutut ilmu.”, tegas pak kiai.

 

Kunjungan studi banding yang dilakukan oleh pesantren Darussalam Annur ke Annaba Center Indonesia berlangsung penuh dengan keakraban. Para santri dari Darussalam Annur juga berkesempatan menampilkan keterampilan mereka dalam memainkan rebana dan membaca puisi. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir usai salat dzuhur berjamaah.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
4 + 2 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.